eshter Pegiat SEO dan Teknologi informasi untuk kebutuhan dunia online

6 Cara Daftar Mandiri Supply Chain Syarat dan Fungsinya

3 min read

Mandiri Supply Chain

Tidak sedikit nasabah yang memahami tentang Mandiri Supply Chain dan memang layanan ini di peruntukkan untuk para pebisnis.

Pebisnis wajib menggunakannya, karena fasilitas atau fitur yang di sediakan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda, salah satu contoh dalam pembuatan invoice.

Pada dasarnya layanan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengoptimalkan rantai pasok mereka, dari pengadaan bahan baku hingga produksi dan distribusi.

Bank Mandiri memang luar biasa dan sudah tidak diragukan lagi, oleh sebab itu menjadi salah satu bank BUMN yang mempunyai banyak nasabah.

Demi memberikan pelayanan serta fasilitas bagi nasabahnya, Bank Mandiri terus berinovasi dengan meningkatkan sistem platfrom serta layanan dan produknya.

Salah satu layanannya yaitu Supply Chain Management, bagi yang belum tahu pengertian, syarat, cara daftar dan lain sebagainya silahkan simak ulasan berikut sampai selesai.

Mandiri Supply Chain Management

Mandiri Suppy Chain
Mandiri Suppy Chain

Tahukah kami apa itu Mandiri Financial Supply Chain Management itu ? Merupakan sebuah sistem berbasis web online untuk transaksi value chain (berhubungan degan mata rantai supply chain seperti supplier, principal dan distributor) yang memberikan jalan solusi dalam pembiyaan hutang dagang (Account Payable) dan Piutang Dagang (Account Receivable) nasabah.

Dapat kalian simpulkan bahwa layanan tersebut ditujukan bagi pelaku usaha yang diharapkan nantinya dapat meningkat kesuksesan di dunia bisnis.

Sehingga dengan menggunakan layanan ini nasabah tahu aliran uang serta utang piutang sudah terstruktur rapi.

Bahkan kalian dapat melkukan pembayaran piutang secara otomatis saat waktu jatu tempo, dengan begitu bisnis akan lebih lancar.

Baca Juga: DPLK Mandiri Lengkap Cara Mencairkan, Cek dan Simulasi

Syarat Mandiri Supply Chain

Sebelum nasabah bisa mengakses dan menikmati fitur serta fungsi di layanan Supply Chain Management dari bank Mandiri.

Silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu, sebelum itu siapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

Tujuan mempersiapkan dokumen atau syarat yang dibutuhkan untuk melancarkan proses pendaftaran.

Apabila dokumen atau berkas anda tidak lengkap maka proses pendaftaran tidak akan di proses, oleh sebab itu pastikan beberapa syarat dibawah ini sudah kamu penuhi.

Berikut syarat-syarat yang harus di persiapkan untuk daftar SCM Mandiri:

  • Silahkan isi formulir pengajuan MSC terlebih dahulu.
  • Sudah terdaftar di dalam layanan MIB (Mandiri Internet Bisnis).
  • Mempunyai company ID (Diperoleh saat daftar layanan MIB).
  • Nama pengguna atau perusahaan.
  • Siapkan alamat email dan nomor handphone yang aktif.
  • Alamat harus sesuai dengan KTP.
  • Siapkan nomor rekening bank Mandiri.
  • Tanda Tangan diatasa materai dan cap atau stempel perusahaan.

Cara Daftar Mandiri Supply Chain

Proses pendaftaran layanan SCM ini cukup mudah, sama halnya dengan membuka rekening pada umumnya.

Hanya saja yang membedakan layanan ini tidak hanya di peruntukkan bagi para pebisnis saja.

Dan jika semua persyaratan diatas sudah di persiapkan, maka berikut langkah-langkah untuk mendaftar di SCM :

  1. Pemohon silahkan datang ke kantor bank mandiri terdekat
  2. Silahkan ambil nomor antrian ke customer service
  3. Apabila kalian tidak ingin antri maka usahakan datang lebih awal supaya dapat nomor antrian paling depan.
  4. Tunggu sampai nomor antrian Anda di panggil
  5. Jika sudah waktunya silahkan sampaikan kepada customer service bahwa kamu ingin daftar layanan MSC.
  6. CS akan meminta kelengkapan berkas yang sudah di persiapkan kepada pemohon (nasabah).
  7. Kemudian customer service akan memberikan formulir pendaftaran lalu silahkan di isi.
  8. Apabila sudah di isi dan diberikan selanjutnya tinggal menunggu proses pengajuan.
  9. Tunggu beberapa hari dikarenakan Pihak Bank Mandiri akan melakukan pengaturan lebih lanjut dengan SLA 5.
  10. Jika sudah selesai, kamu sudah bisa menggunakan username dan password untuk login di MIB dan MSC.

Baca Juga: Mandiri Tabungan Now Syarat, Cara Daftar dan Biayanya Lengkap

Cara Login Fin SCM Mandiri

Tidak sedikit nasabah yang belum tahu bagaimana cara login akun SCM, apalagi di internet informasi yang beredar tidak di perbarui akses link untuk login.

Dibawah ini langkah-langkah yang harus nasabah terapkan untuk login di layanan MSC sebagai berikut:

  • Siapkan Hp dan koneksi internet yang stabil
  • Buka browser chrome (opsional bisa pakai browser apapun).
  • Kunjungi laman resmi https://fin.scm.bankmandiri.co.id/
  • Silahkan pilih Corporate
  • Masukkan ID company, username dan password
  • Pastikan semua sudah benar dan klik “LOGIN”
  • Sebelum bertransaksi silahka join community
  • Selesai.

Cara Join Community dalam MSC

  • Apabila kalian sudah berhasil login silahkan pilih opsi Business Community dan klik “JOIN”
  • Kemudian klik “NEW” dan isi data member baru dengan benar.
  • Pastikan data yang di masukkan sudah benar dan sesuai dengan identitas Anda.
  • Silahkan konfirmasi klik “Submit”
  • Selesai.

Fitur Mandiri Supply Chain

Setelah kalian sudah tahu apa saja cara daftar, login dan syarat yang di butuhkan untuk menggunakan layanan MSC.

Selanjutnya nasabah juga harus tahu apa saja fitur-fitur yang bisa di peroleh jika daftar dan menggunakan layanan Supply Chain Mandiri.

Berikut beberapa fitur di dalam MSC Management diantaranya.

  • Pembuatan Invoice

Bisa membuat invoice dengan cara input per invoice, bulk upload invoice, atau pengiriman invoice secara Host to Host melalui sistem nasabah yang terintegrasi.

  • Pengajuan Pembiayaan (Financing)

Pengguna bisa mengajukan pembiayaan dengan dasar invoice / dokumen underlying yang sudah disepakati oleh sistem.

  • Informasi Detail Transakasi Nasabah

Pengguna layanan ini bisa memonitoring, loan dan melimit melalui sistem secara real time, selain itu laporannya juga dapat di unduh untuk proses rekonsiliasi.

  • Autodebit Pelunasan Fasilitas

Seperti yang kita tahu bahwa para pebisnis tidak banyak memiliki banyak waktu luang, sehingga mereka kadang lupa akan ada tanggungan pelunasan fasilitas.

Dan pastinya jika telat bayar akan dikenakan denda, supaya terhindar dari hal tersebut silahkan gunakan layanan ini.

Karena di Suppy Chain Mandiri Management memilki fitur Autodebit yang tersistem otomatis untuk melunasi saat jatuh tempo.

  • Notifikasi

Nasabah dapat mengatur notifikasi pengiriman setiap transaksi sesuai keinginan.

Baca Juga:

Keuntungan Mandiri Supply Chain

Dari sekian banyaknya produk atau layanan yang diberikan oleh bank mandiri, sudah pasti punya keuntungan masing-masing.

Begitu juga dengan Supply Chain Management Mandiri ada beberpa keuntungan dintaranya sebagai berikut:

  • Memudahkan nasabah dalam membuat atau mengupload invoice
  • Bisa memonitoring dokumen dan status tagihan secara realtime.
  • Kemudahan dalam melakukan pembayaran dan pembiayaan dalam bisnis.
  • Transakasi lebih aman karena harus memlalui beberapa sistem level otoritas.
  • Transakasi lebih fleksibel karena dapat dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan terkait layanan Mandiri Supply Chain Management.

Semoga dengan adanya informasi diatas kalian bisa mencoba untuk memanfaatkan fitur serta fasilitas dari MSC.

eshter Pegiat SEO dan Teknologi informasi untuk kebutuhan dunia online