Permasalahan kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan kerap dialami oleh nasabah bank Mandiri, hal tersebut sudah biasa terjadi dan ada banyak faktor penyebab dari masalah kartu ATM tidak bisa digunakan.
Buat kalian yang mengalami masalah ini jangan panik, karena semua masalah dapat diatasi ketika keadaan sudah tenang.
Dengan begitu kalian bisa berfikir untuk bagaimana cara mengatasi kartu ATM yang tiba-tiba tidak dapat dipergunakan.
Secara fisik memang tidak ada tanda-tanda spesifik mengenai kartu ATM Mandiri yang rusak. Tapi nasabah dapat mengetahui hal tersebut saat ingin bertransaksi di mesin ATM.
Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan
Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, pasti memiliki jumlah nasabah yang tidak sedikit.
Sehingga membuat Bank Mandiri terus berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabahnya.
Setiap nasabah pasti memiliki kartu debit yang mereka gunakan untuk bertransaksi setor atau tarik tunai di mesin ATM.
Namun ada beberapa kasus atau kejadian kartu debit Mandiri tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM.
Penyebabnya bervariasi dan dikutip dari halam resmi Mandiri, Penyebabnya bisa dari mesin ATM atau kartu Debit Mandirinya yang bermasalah.
Jika terjadi masalah pada mesin ATM akan muncul beberapa notifikasi seperti transaksi tidak dapat di proses atau data tidak ditemukan.
Baca Juga: 2+ Cara Setor Tunai Mandiri Tanpa Ke Bank Simpel dan Paling Mudah
Apabila masalah tersebut terjadi pada kartu ATM maka ketika bertransaksi akan muncul beberapa hal seperti:
- Kartu ATM Mandiri Tiba-Tiba Keluar Sendiri
- Muncul Notifikasi di Layar Mesin ATM bahwa kartu ATM terblokir
- ATM tidak diizinkan digunakan.
Selain itu Bank Mandiri juga mengeluarkan kartu dengan teknolgi baru yaitu chip.
Teknologi chip menjadi pengganti kartu ATM yang lama (magnetic stripe), sehingga beberapa nasabah mengalami kartu debit mandiri tidak dapat dipergunakan.
Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan
Sebelum melakukan tindakan terhadap kartu debit mandiri yang tidak dapat digunakan alangkah lebih baik jika mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.
Pasalanya ada segudang penyebab yang terjadi pada kartu ATM Anda, Bisa jadi melanggar kebijakan atau tidak memnuhi syarat pengguna kartu ATM atau masalah teknis lainnya.
Berikut beberapa penyebab kartu ATM tidak dapat di gunakan :
Transaksi Tidak dapat diproses
Biasanya masalah ini terjadi karena beberapa hal seperti Mesin ATM Mandiri error, chip yang terdapat pada kartu debit rusak dan kartu sudah kadaluwarsa.
ATM tidak diizinkan digunakan
Jangan khawatir apabila Anda mengalami seperti ini, hal tersebut terjadi apabila saldo rekening dibawah batas minimal, kartu ATM belum aktif dan juga kartu ATM rusak atau patah.
Kartu ATM Mandiri Keluar Sendiri
Saat hendak bertransaksi di mesin ATM pernah tidak tiba-tiba kartu debit Mandiri keluar dengan sendirinya?
Sering kali kita jumpai masalah seperti ini akan tetapi itu terjadi karena PIN kartu ATM terblokir atau juga bisa uang di dalam mesin habis.
Kartu ATM Mandiri Terblokir
Kartu ATM terblokir terjadi lantaran penggunanya salah memasukkan PIN sebanyak 3x.
Selain itu bisa saja kartu tersebut di blokir oleh pihak bank karena kadaluwarsa atau tidak aktif.
Baca Juga: 3 Cara Setor Tunai Mandiri di Indomaret, Syarat dan Biayanya
Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan
Dari banyaknya masalah diatas beserta apa saja penyebabnya, pastinya kalian ingin tau bagaimana cara mengatasinya.
Mudah banget ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, tapi pada dasarnya kalian harus menghubungi customer service bank Mandiri.
Bahkan sekarang nasabah dapat melaporkan masalah secara online dan tidak perlu datang ke kantor bank mandiri terdekat wilayah Anda, Dengan begitu tidak memakan banyak waktu dan lebih eifisen.
Apabila kalian mengalami masalah kartu debit mandiri tidak dapat digunakan di mesin ATM cara mengatasinya silahkan cari mesin ATM lain.
Apabila masih tetap, jalan satu-satunya yaitu silahkan datang ke kantor cabang bank mandiri atau hubungi via email dan call center mandiri.
Mengatasi Kartu Mandiri Tidak Bisa Digunakan Via Kantor Bank Mandiri
Cara ini paling ampuh namun sebelum datang ke kantor, silahkan persiapkan terlebih dahulu persyaratannya.
Seperti kartu tanda penduduk, kartu ATM Mandiri dan buku tabungan. Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:
- Datang ke kantor bank Mandiri terdekat
- Ambil nomer antiran CS
- Tunggu hingga nomer antrian di panggil
- Sleanjutnya sampaikan bahwa kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan
- Ceritakan kronologinya, pihak bank akan menanganinya
- Selesai
Mengatasi Kartu Debit Mandiri tidak Bisa Digunakan Secara Online
Dengan adanya teknologi informasi yang ada saat ini semua aktivitas menjadi lebih ringan.
Dalam dunia perbankan pasti setiap bank punya call center sendiri-sendiri, nomor tersebut memang disediakan oleh pihak bank untuk manangani keluhan dan pertanyaan nasabahnya.
Baca Juga:
Di kasus kartu atm tidak bisa digunakan nasabah dapat menghubungi customer service mandiri untuk menanyakan penyebabnya dan cara mengatasinya seperti apa.
Adapaun call center mandiri yaitu 14000, sebelum menelfon siapkan semua dokumen seperti KTP, Kartu ATM.
Hal tersebut bertujuan agar pihak bank atau CS bank mandiri bertanya prihal data atau nomer rekening Anda tidak perlu mencarinya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan.
Semoga ulasan di atas dapat membantu teman-teman yang mengalami beberapa masalah pada kartu ATM Mandirinya.